TheFiiix.com

TheFiiix.com

Everything Is Here

Bek Persebaya Akhirnya Gabung Timnas Indonesia Setelah Sempat Tak Yakin

Bek Persebaya Surabya, Koko Araya, mengaku bahwa ia sempat tidak percaya saat mengetahui ia dipanggil ikut latihan Timnas Indonesia pilihan dari pelatih barunya, Shin Tae Yong. Koko mengaku bahwa ia diberi tahu ia dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan bersama dengan Timnas Indonesia setelah menjalani pagi bersama Persebaya. Saat itu sang pelatih, Aji Santoso, memberi tahu dirinya bahwa ia diminta bergabung dengan Timnas Indonesia.

Sempat Tak Percaya diminta Gabung Timnas Indonesia

“Baru dua kali main di Piala Gubernur (Jawa Timur), Shin Tae Yong lihat. Waktu pelatih bilang saya dipanggil ikut TC, ya sempat tidak percaya, ya agak bercanda. ‘Masak coach?’,” katanya. Koko mengaku ia sangat senang dan bersuyukur karena ia pertama kalinya dipanggil untuk ikut kegiatan pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia.

Lebih-lebih lagi, pemanggilannya langsung untuk bergabung dengan timnas senior walaupun usianya masih 20 tahun. Koko Ari mengungkapkan bahwa pesan yang mana sempat diberikan Aji Santoso padanya sebagai bekal untuk mengikuti pemusatan latihan di Timnas Indonesia. “Coach Aji pesannya: jangan grogi, main biasa saja dan tak usah malu-malu. Pertama juga tak menyangka, soalnya ini baru pertama,” ungkap Koko.

Ia juga baru menjalani debutnya bersama dengan Persebaya Surabaya di tahun 2019 lalu juga sempat bertanya-tanya kondisi dan juga situasi di pemusatan latihan timnas dengan rekan satu timnya yang sudah lebih duluan dipanggil, Rachmat Irianto. Ia mengaku bahwa ia sedikit khawatir dikarenakan banyak pemain senior yang bergabung.

Setiba dirinya di Jakarta, pemain yang mana mengidolakan bek Liverpool, Trent Alexander-Arnold tersebut, mengaku bahwa mencoba fokus dan juga bekerja keras untuk memberikan yang terbaik. Pemanggilan kali ini pun juga jadi ajang untuk Koko membuktikan diri atas kemampuan dan talentanya. “Sempat mengobrol sama Rian (Rachmat Irianto), Tanya kalau di sana bagaimana? Tuntun saya ya. Dia bilang biasa saja sama seperti di Surabaya.”

Saat ditanya bagaimana perasaannya bisa masuk ke timnas senior, ia menjawab: “Khawatir karena banyak senior, saya kan masih muda. Sempat minder sih, tidak sempat membayangkan (bagaimana kalau dipanggil timnas). Ya, Alhamdulillah,” ungkap Koko.

Dua kali ia menjalani latihan dengan Timnas Indonesia di bawah kepelatihan Shin Tae Yong, Koko mengaku bahwa ia cukup senang dan enjoy menjalani latihan tersebut. Walaupun terus digempur dengan latihan fisik, Koko menyebut bahwa itu adalah menu sehari-harinya bersama Persebaya. “Cukup menyenangkan, saya pemain yang tipenya suka lari. Sama coach Shin kan harus kerja keras, lari, fisik, ya jadi enak saja,” sebutnya indotogel.

Siap Jalani Aturan Ketat Era Shin Tae Yong

Pelatih yang berasal dari Korea Selatan, Shin Tae Yong, yang menjadi pelatih baru Timnas Indonesia menerapkan aturan ketat dan juga disiplin tinggi di Timnas Indonesia. Dan Koko siap menjalaninya. Tak Cuma buat pemain, bahkan untuk staf pelatih juga.

Tak Cuma itu, Shin Tae Yong pun memberlakukan aturan ketatnya pada awak media yang mau meliput keseharian pemusatan latihan Timnas Indonesia.

Mulanya, Shin Tae Yong, memberikan keleluasaan pada media Indonesia untuk meliputi seluruh rangkaian sesi latihan skuat Garuda. Ia juga tak masalah dengan media yang mau mewawancarai sejumlah pemain. Akan tetapi, beberapa hari setelah itu, Shin Tae Yong membuat aturan mainnya sendiri. Ia Cuma mengizinkan wartawan untuk bertanya pada dua pemain yang sudah ditunjukinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>