TheFiiix.com

TheFiiix.com

Everything Is Here

Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol dan Anaknya Ditahan

Lagi, kasus korupsi dan dunia sepakbola kembali terungkap. Ternyata korupsi sudah mendarah daging di negara manapun dan dalam bidang apapun saat ini. Jika ada kesempatan, maka tindakan melanggar hukum tersebut dilakukan. Di Spanyol, peristiwa tersebut bahkan menyangkut nama dari Presiden Federasi Sepakbola Spanyol, Angel María Villar Llona. Menariknya, dia tidak sendiri di tahanan melainkan bersama anaknya. Tentu, kabar ini membuat gempar dunia sepakbola khususnya di Spanyol.

Korupsi Ayah dan Anak

Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol dan putranya telah ditahan sebagai bagian dari penyelidikan atas tindakan korupsi. Itu yang dikatakan oleh pihak polisi di Spanyol. Angel María Villar Llona ditangkap karena dicurigai menggelapkan dana. Hal ini disampaikan oleh kantor berita El Pais dan Efe. Jika kabar ini benar, tentu peristiwa ini kembali mencoreng dunia sepakbola, khususnya di Spanyol dimana kita tentu tahu di sana ada La Liga.

Tuan Villar, mantan pemain sepak bola internasional Spanyol, telah menjadi presiden asosiasi tersebut sejak tahun 1988. Anak Villar juga ditahan teteapi untuk kasus yang berbeda. Adalah Gorka, anak Villar yang termasuk di antara sejumlah orang lainnya yang juga ditangkap dalam sejumlah serangan pada awal hari Selasa.

Pengadilan Tinggi Spanyol mengatakan kepada Reuters bahwa salah satu hakim investigasi dan jaksa anti-korupsi memimpin penyelidikan tersebut. Sedangkan dari pihak media Spanyol melaporkan bahwa tuduhan tersebut mengindikasikan adanya pemalsuan dokumen dan memanipulasi keuntungan dari pertandingan sepak bola internasional. Hingga berita ini diturunkan, belum ada komentar dari Tuan Villar, 67 tahun, atau pengacaranya.

Dunia Sepakbola Spanyol di Bawah Villar

Di masa Villar masih menjabat sebagai presiden federasi sepakbola Spanyol, tim sepak bola pria Spanyol telah memenangkan dua kejuaraan Eropa dan juga Piala Dunia pada tahun 2010. Ini tentu telah menjadi salah satu kekuatan dominan sepak bola Spanyol. Bagaimanapun, kemenangan di kejuaraan Eropa dan juga Piala Dunia telah mengangkat derajat Spanyol dan pastinya nama Villar juga melambung. Villar juga bertugas di dewan badan sepak bola dunia FIFA selama 29 tahun terakhir, namun ditegur oleh FIFA karena gagal mematuhi penyelidikan internnya dalam proses penawaran Piala Dunia 2018/22.

Michael Garcia, yang melakukan penyelidikan, menulis bahwa Tuan Villar mengatakan kepadanya: “Anda benar-benar punya bola” ketika pengacara Amerika tersebut menolak untuk mengungkapkan siapa yang telah mengajukan tuduhan terhadap Tuan Villar. Dia juga menuntut Mr Garcia menjatuhkan kasus “untuk kebaikan Anda sendiri”. Entah makna apa yang terkandung dalam ungkapan tersebut, sepertinya merupakan ancaman.

Mereka yang mengetahui peristiwa penangkapan orang Spanyol, tentu hal tersebut adalah hal yang penting dan bisa menjadi sinyal yang jelas bahwa banyak isu atau kasus tentang korupsi atau lainnya di kalangan para pejabat yang memimpin sepakbola dunia dalam beberapa dekade terakhir yang masih terus terus berlanjut.

Tuan Villar pernah menjabat sebagai presiden UEFA, badan sepakbola Eropa, sementara pimpinannya Michel Platini sedang diselidiki. Dia kalah dalam pemilihan presiden tahun lalu. UEFA dan FIFA mengatakan bahwa mereka mengetahui laporan tersebut. Sedangkan Gorka Villar menjabat sebagai direktur jenderal togel online konfederasi sepakbola Amerika Selatan Conmebol sebelum berdiri tahun lalu. Sebelum berdiri, dia dituduh melakukan pemerasan oleh sejumlah klub sepak bola Uruguyan.

Belum ada kabar lebih lanjut tentang Villar dan juga anaknya. Tentunya, ini menjadi catatan khusus bagi dunia sepakbola secara internasional. Apalagi bagi sepakbola Spanyol yang tentunya akan menjadi sorotan tersendiri. Bukan tidak mungkin jika nantinya nama-nama lain akan terseret. Kita nantikan kabar selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>