TheFiiix.com

TheFiiix.com

Everything Is Here

Menghindari Post Vacation Blue Pasca Liburan

Seperti yang kita ketahui tanah air kita tergolong mempunyai jumlah hari libur serta tanggal merah yang lebih banyak dibandingkan Negara lain. Umumnya masyarakat memanfaatkan momen-momen liburan tersebut untuk rekreasi atau melancong untuk mengistirahatkan tubuh, jiwa, serta pikiran sehingga saat kembali bekerja kita akan merasa fresh dan produktivitas bisa meningkat. Tetapi pada beberapa orang yang baru saja berlibur dalam waktu panjang sering kali merasa galau saat liburan telah berakhir.

 

Inilah yang disebut post vacation blue saat membayangkan harus kembali ke kantor dan bekerja dengan sejumlah deadline yang telah menanti. Akibatnya, saat liburan telah berakhir, bukannya merasa santai dan siap kembali bekerja Anda justru merasa tertekan. Bila ini terjadi hanya pada hari pertama masuk kerja tentu tak masalah, tetapi bila sampai berhari-hari gairah kerja tak kunjung muncul dan Anda terus terbayang pada acara liburan yang telah berlalu tentu ini bisa berbahaya bagi karier Anda.  Berikut ulasannya.

 

Menghindari dan mengatasi post vacation blue

Beberapa tips berikut mungkin dapat Anda coba untuk mengatasi kondisi post vacation blue togel online tersebut pasca liburan.

 

Berliburlah secara total saat sedang liburan

Saat sedang liburan jangan memikirkan pekerjaan. Jika mungkin jangan membawa serta laptop, ponsel, atau gawai lainnya yang masih terhubung dengan pekerjaan Anda. Tak perlu pula mengecek email atau pesan Anda pada ponsel. Walaupun terkesan sederhana buktinya banyak orang yang tak mampu melakukan hal ini karena merasa harus tetap terhubung dengan profesinya. Jadi lain kali saat berlibur tegaslah kepada diri sendiri bahwa Anda harus menikmati acara tersebut. Inilah makna liburan yang sesungguhnya sehingga tubuh serta pikiran kita dapat benar-benar nyaman untuk memperbarui seluruh energi.

 

Jangan memikirkan tertinggal dalam pekerjaan

Tentu sangat wajar bila saat kembali dari liburan pekerjaan Anda akan menumpuk. Jangan sampai kondisi tersebut membuat Anda panic, apalagi saat melihat tumpukan email yang belum terbalas atau ada tugas yang belum diselesaikan. Sekarang cobalah mengubah pola pikir Anda. Bila semua pekerjaan Anda telah dibereskan, ini berarti kantor sudah tak membutuhkan kontribusi Anda lagi. Inilah sebabnya Anda justru harus bersyukur. Rasa bahagia saat liburan harusnya membuat Anda mempunyai pola pikir yang lebih positif dalam memandang semuanya pasca liburan.

 

Awali dengan sesuatu yang mudah

Bila masih belum bersemangat bekerja pada hari pertama, awali semuanya dengan pekerjaan yang mudah dulu. Layaknya mesin, semangat kita juga harus dipanaskan dulu, bila “pelumas” sudah mulai melicinkan jalannya mesin, tentu Anda akan semakin terbiasa dan mulai nyaman untuk mengerjakan kembali tugas-tugas Anda di kantor. Bila tugas-tugas yang mudah telah terselesaikan dengan baik dan semangat kerja Anda sudah kembali, segeralah mulai dengan tugas yang lebih berat dan membutuhkan pemikiran ekstra.

 

Tak perlu lembur

Setelah liburan pekerjaan Anda tentu menumpuk dan wajar saja Anda merasa bertanggungjawab untuk segera membereskannya. Tetapi sebaiknya tak perlu mengambil waktu di luar jam kerja untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. jangan lupa bahwa di luar kantor adalah kehidupan serta keluarga yang juga harus Anda perhatikan. Dengan mengoptimalkan waktu yang tersedia, selesaikan semuanya di kantor. Dengan trik ini suasana fresh saat liburan akan tetap terjaga tanpa mengurangi kualitas hubungan baik dengan keluarga atau kolega di luar jam kantor.

 

Minta bantuan

Sejak awal kita memang disarankan untuk menjalin hubunga baik dengan kolega agar dapat saling membantu saat bekerja. Bila merasa keberatan dengan tanggungjawab kita, tak ada salahnya meminta bantuan pada teman-teman baik di kantor. Sebagai imbal baliknya jangan lupa untuk melakukan hal yang sama saat mereka butuh bantuan kita.

 

Semoga bermanfaat!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>