TheFiiix.com

TheFiiix.com

Everything Is Here

Lari Secepat Kilat, Terens Puhiri Disejajarkan Dengan Bale dan Ronaldo

Pada hari Senin (23/10) awal pekan ini, Pusamania Borneo FC berhasil menggulung Mitra Kukar di hadapan publik sendiri saat bertanding di Stadion Aji Imbut. Lewat empat gol tanpa balas, salah satunya diciptakan oleh gelandang Terens Puhiri lewat aksinya yang luar biasa. Bahkan pemuda kelahiran Papua berusia 21 tahun itu berhasil mengundang decak kagum hingga ke level internasional.

 

Dalam proses pembukuan gol ketiga di pertandingan Liga 1 Indonesia itu, Terens melesakkan bola liar pada menit ke-71. Dengan kecepatan lari yang luar biasa kilat, Terens mengejar bola liar di tengah lapangan, menghindari pemain Mitra Kukar hingga sampai ke kotak penalti musuh. Usaha Gerri Mandagi sang kiper yang menghadang dan mencoba menjegal Terens pun tak berhasil. Terens terus berlari sangat kencang, mengecoh Gerri dan berhasil melesakkan gol lewat kaki kirinya.

 

Kemampuan lari solo Terens itu rupanya membuat banyak orang melongo. Videonya mendadak jadi viral dan jadi pemberitaan media asing. Dianggap sangat fantastis, media asal Brasil yakni Globoesporte sampai menganggap Terens satu level dengan manusia tercepat di dunia yakni si atlet lari Usain Bolt. Bahkan media Prancis yakni L’Equipe sampai menyebut Terens sebagai pesepakbola tercepat di dunia.

 

Berapa Kecepatan Puhiri Saat Lari?

 

Media Four Four Two  mencatat jika Terens melakukan sprint di wilayah permainannya sendiri sampai ke gawang musuh sejauh 70 meter, dalam waktu kurang lebih 10 detik. Meskipun masih kalah dari Bolt yang memegang rekor lari 100 meter putra selama 9,58 detik, aksi Terens bisa membuat Bolt bangga. Kompas pun mencoba menghitung kecepatan lari pesepakbola Poker Uang Asli yang mengidolakan Boaz Solossa ini.

 

Diketahui, ukuran panjang lapangan Aji Imbut mencapai 113 meter. Jika diandaikan Terens berlari 3/4 panjang lapangan, maka dia melahap 73,75 meter. Dengan rumus perhitungan kecepatan yakni jarak dibagi waktu tempuh, maka akan didapat angka 8,57 meter/detik. Dan jika dikonversi menjadi kilometer/jam, maka kecepatan lari Terens adalah 30,8 km/jam.

 

Angka ini memang masih jauh di bawah lari pemain Real Madrid, Gareth Bale yang pernah menyentuh 36,9 km/jam. Namun hal ini diakibatkan Terens mengalami dua gangguan saat hendak mencetak gol yakni menghindari tekel lawan waktu memasuki area pertahanan Mitra Kukar serta saat melewati kiper Gerri dan memperlambat lari ketika hendak mencetak gol yang membuat kecepatannya menurun.

 

Namun jika menghitung kecepatan lari Terens hingga melewati garis tengah lapangan, dia hanya butuh tiga detik untuk melewati 28,25 meter. Sehingga kecepatan lari awal Terens adalah 9,47 meter/detik atau 33,9 km/jam yang berarti lebih cepat daripada megabintang Cristiano Ronaldo yang mencapai 33,6 km/jam!

 

Fans Klub Eropa Rayu Terens

 

Diwawancarai BolaSport.com, Terens angkat bicara soal gol fantastisnya, “Semua itu timbul dari percaya diri dan harus yakin bahwa bola yang kita kejar atau bawa bisa didapatkan. Kalau soal sprint, saya selalu melihat kakak Boaz, dia adalah idola saya dari kecil. Soal lari, kami di Papua sudah bakat alam. Jadi kalau turun ke lapangan harus percaya diri.”

 

Popularitas Terens yang dibicarakan media global bahkan membuat fans klub Eropa asal Turki yakni Besiktas dan Galatasaray ramai-ramai menyerbu Instagram Terens. Mereka saling merayu dan menulis komentar agar Terens bersedia bermain di salah satu klub itu. Dengan tingginya antusias publik atas aksinya hingga ke tanah Eropa, Indonesia harus bangga punya Terens.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>