TheFiiix.com

TheFiiix.com

Everything Is Here

Kasus Hukum Yang Menyeret Setya Novanto

Pada hari senin 17 Juli 2017, ketua DPR setya Novanto ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi proyek e-ktp. Dari semua bukti yang sudah diperiksan dan fakta dari dua terdakwa kosus e ktp, setya novanto akhirnya di tetapkan sebagai tersangka. Kasus e ktp ini sebenarnya bukan kasus pertama yang menimpa setya novanto. Sudah banyak keterlibatannya dalam berapa kasus. Berikut ini kasus hukum yang pernah menyeret nama setya novanto.

Cassie Bank Bali

Kasus ini terjadi pada tahun 1999, di kasus ini setya novanto telah mengalihkan hak piutang (cassie) dari bank bali kepada bank dagang negara indonesia (BDNI). Kasus ini terbuka sejak, bank bali mentransfer uang sebanyak Rp 500 miliar ke PT Era Giant Prima. Perusahaan ini merupakan perusahaan milik setya novanto bersama dengan cahyadi kumala dan Djoko S Chandra. Negara dirugikan sebesar Rp 900,64 miliar dari kasus ini. kasus ini dihentikan pada 18 juni 2003 karena adanya surat perintah penghentian penyidikan (SP3).

Kasus Penyelundupan Beras Vietnam

Di tahun 2003, setya novanto terkena kasus penyelundupan beras vietnam. Dia melakukan kasus ini bersama idrus marham yang juga rekannya di Partai Golkar. Mereka memindahkan 60 ribu ton beras di gudang pabean ke  gudang beras non pabean. Semua pajak dan bea masuk dari beras tersebut belum dibayarkan sama sekali. Hal ini membuat kerugian negara mencapai Rp 122.5 milyar. Dia hanya diselidiki satu kali pada tanggal 27 juli 2006 dan tidak ada kelanjutannya lagi.

Penyelundupan Limbah Beracun Di Pulau Galang, Kepulauan Riau

Di tahun 2006, ketua DPR setya novanto juga terserat kasus penyelundupan limbah beracun di pulau galang, kepulauan riau, mereka menyamarkan limbah ini sebagai pupuk organik. Padahal didalamnya mengandung zat radio aktif yang berbahaya. Mengandung radium 226, thorium 228 dan radium 228. Setya novanto yang memiliki perusahan asia pasific eco lestari (APEL), yang merupakan perusahan impor limbah berbahaya yang berasal dari singapura.

Korupsi PON Riau

Kasus korupsi pon riau ini terjadi pada tahun 2012. Muhammad nazarudin yang sudah ditetapkan sebagai tersangka terlebih dahulu, menyebutkan bahwa setya novanto ikut andil dalam korupsi pembangunan lapangan tembak pon riau pada tahun 2012. Setya novantolah yang mengatur semua aliran dananya, hal ini lakukan supaya pencairan apbd lancar. Di kasus ini, setya novanto hanya dijadikan saksi saja dari tersangka utama kasus korupsi pon riau yaitu mantan gubernur riau, rusli zanal.

Papa Minta Saham

Siapa yang tidak tahu, kasus papa minta pulsa yang menjerat setya novanto. Sudirman said,  yang menjabat sebagai menteri energi dan sumber daya mineral (ESDM). Ia di duka telah membawa nama presiden joko widodo dan wakil presiden jusuf kalla, untuk meminta imbalan saham supaya bisa memuluskan permintaan freeport untuk memperpanjang kontraknya di indonesia. Sampai saat ini kasus papa minta pula ini belum terselesaikan dan masih ditangani oleh kejaksaan agung.

Kasus Korupsi E-KTP

Inilah kasus terbaru yang menjerat setya novanto. Pada hari senin kemarin, ia ditetapkan sebagai salah satu korupsi mega proyek e ktp. Ia di duga telah menerima sejumlah aliran dana. Jadi kita tunggu saja seperti apa kelanjutan semua kasus togel online yang menjerat ketua DPR setya novanto. Apakah kasus ini akan menjeratnya ke dalam jeruji penjara atau dia bisa bebas dari hukum lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>